Hello sahabat RuAs Edu, saya ingin berbagi bagaimana pengalaman
saya dalam mengikuti PembaTIK 2024.
Keinginan saya untuk ikut Pembatik sudah sejak tahun lalu, namun di tahun lalu saya hanya sampai pada tahap pendaftaran saja. Hal ini dikarenakan ketika kegiatan PembaTIK berlansung saya mengalami suatu hal yang tak terduga,sehingga saya tidak bisa mengikuti kegiatan PembaTIK 2023.
Alhamdulillah ditahun 2024 ini saya kembali mengikuti
PembaTIK. Latar Belakang saya mengikuti PembaTIK ini adalah keinginan
mengupgrade kemampuan diri sebagai seorang guru zaman now dan menginovasikan
TIK dalam pembelajaran, disamping itu saya ingin menjadi bagian dari Jangkar Teknologi Pendidikan Indonesia. Ditambah
lagi pada PembaTIK kali ini saya mendaftar bersama-sama dengan rekan guru
disekolah.
Nah.. saya keasyikan bercerita. Apakah sahabat RuAsEdu tau apa itu PembaTIK?
PembaTIK
(Pembelajaran Berbasis TIK) adalah suatu Program peningkatan kompetensi pendidik, tenaga kependidikan,
dan dinas pendidikan dalam kegiatan Belajar, Mengajar, dan Berkarya untuk mendukung terciptanya Inovasi Pembelajaran Kolaboratif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dengan mengedepankan Pemanfaatan Platform Teknologi. Peningkatan Kompetensi TIK guru
ini mengacu pada standar kompetensi TIK yang terdiri dari 4 level, yakni level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi & berkolaborasi.
Aktivitas PembaTIK Level-1 telah dilaksanakan pada
tanggal 29 Juli hingga 10 Agustus 2024. Pada aktivitas ini, saya belajar modul yang
telah disediakan secara mandiri sehingga tahap ini telah menambah wawasan dan
meningkatkan literasi saya, terkait perangkat teknologi yang dapat digunakan dalam
kolaborasi pembelajaran. Pada tahapan ini di awali dengan tahap pre-test,
sinkronus, hingga Posttest. Tugas Akhir pada level-1
Literasi ini adalah Menyimak Video Inspirasi Platform
Merdeka Mengajar (PMM), Hasil menyimak di tuangkan dalam bentuk resume.

Alhamdulillah, saya lanjut ke level 2 tahap Implementasi yang di laksanakan 18 Agustus – 1 september 2024, dengan rangkaian tahapan yang sama pada level 1. Namum pada level ini peserta PembaTIK pembelajaran telah terorganizir dalam kelas menggunakan Google Chat. Modul yang dipelajari pada tahap ini adalah Optimalisasi Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Abad 21, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sumber Belajar Digital, Pengelolaan Kelas Terintegrasi TIK dalam Pembelajaran, yang tujuan akhirnya bahwa setiap peserta PembaTIK level 2 bisa Merancang pembelajaran berintegrasikan TIK dan menerapkan TIK dalam pembelajaran, serta menggunakan TIK dalam kegiatan penilaian lainnya.
Sebagai tugas akhir pada level ini, saya membuat sebuah
video pembelajaran yang mana dalam kegiatan pembelajaran saya menggunakan
beberapa platfrom seperti Canva,Puzzle maker untuk Ice Breaking, Quiziz untuk asesmen
dan NGL untuk Refleksi. Selain itu saya juga meminta peserta didik saya membuat
hasil diskusi merka dengan tampilan yang menarik berbasis TIK sesuai keinginan
mereka, sehingga merka menggunakan Canva dan Video Maker. Video implementasi
ini saya upload ke youtube dan ditautkan dengan PMM pada menu Bukti Karya.
Saat membuka pengumuman masyaAllah saya
lanjut ke Level-3, ternyata Allah masih memberikan kesempatan belajar dan
berkembang bagi saya. Pada level-3 ini, peserta PembaTIK tentunya sudah jauh
berkurang dari level sebelumnya, namun tidak membuat saya gentar malah membuat
saya semakin semangat dalam belajar.
Kegiatan level-3 dilaksankan 16 – 30 September
2024, Tahapan Kegiatan yang masih sama, namun tantangannya tentu berbeda. Pada level
3 ini materi yang kami pelajari adalah terkait pengembangan media pembelajaran
berbasis TIK (Audio, Video, Multimedia Pembelajaran Inte- raktif) dan inovasi
pembelajaran yang memanfaatkan media digital. Pada Tugas akhir, peserta diminta
mengembangkan sebuah media pembelajaran digital sesuai dengan yang telah di
pelajari.
Sebagai tugas akhir saya mengembangkan
sebuah MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif). MPI ini saya buat menggunakan Genially yang mana beberapa elemennya
saya impor dari Canva For Education.
Meskipun Genially ini baru saya ketahui namun saya tetap berusaha dengan
belajar mandiri dari berbagai sumber, mulai dari Modul, Jurnal, youtube dan
TikTok, dan Alhamdulillah dapat saya selesaikan. Terkait materinya saya mengambil
Materi Lingkaran pada fase F, saya sebut dengan MPI BeLing (Belajar Lingkaran).
Setelah MPI selesai, maka saya membuat
sebuah flayer menggunakan Canva yang memuat Judul, identitas, tujuan
pembelajaran, serta link MPI Genially yang dapat diklik dan Barcode yang dapat
discan. Untuk pengumpulan tugas masih menggunakan PMM Bukti Karya dengan
kategori Bahan Ajar, dan Link PMM lah yang di tautkan dengan LMS yang
disediakan.
Saya yang selama ini merasa tidak mampu
ternyata saya mampu melampaui batasan itu dan saya bisa mengahasilkan karya
yang bermanfaat bagi peserta didik saya. Ini adalah pengalaman yang luar biasa
dan menyenangkan bagi saya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar