Sharing Part Education #Part-2

 Sharing Part Education #Part-2

SI ASIK Bersama RASI ANTIK

SIswa ASIK Bersama pembelajaRAn BerdiferensiaSI dengan pemanfaatAN TIK Dan Pembuatan Kuis Intraktif di QUIZIZZ


Jum'at penuh berkah, kali ini saya berkempatan berbagi Praktik baik inovasi pembelajaran di satuan saya mengajar yakni di SMA Negeri 2 Batusangkar. Kegiatan ini telah terlaksana pada tanggal 25 Oktober 2024 pukul 10.00 sampai selesai.

Acara ini dihadiri oleh pengawas satuan pendidikan Ibu Nelvi Yentriati, M.Pd dan kurang lebih 30 Orang guru. Link Absensi

Gambar 1. Sambutan dari Pengawas Satuan Pendidikan

Kegiatan ini dibuka oleh moderator dan dilanjutkan dengan sambutan oleh ibu pengawas satuan, beliau sangat mengapresiasi kegiatan berbagi praktik baik ini dan mengajak guru-guru yang hadir untuk menjadikan berbagi praktik ini inspirasi dalam penerapan dikelas nantinya. 

Saya memaparkan presentasi yang berjudul 

Judul ini membuat para guru bertanya-tanya apa itu SI ASIK Bersama RASI ANTIK? 
Itu merupakan sebuah akronim dari SIswa ASIK Bersama pembelajaRAn BerdiferensiaSI dengan pemanfaatAN TIK. Kemudian saya memaparkan praktik baik ini dengan metode STAR. Saya memulai dengan menceritakan keresahan saya melihat situasi yang ada di sekolah terutama di kelas matematika yang saya ampu. Keresan akan siswa yang sangat akrab dengan teknologi hingga saya menyadari mereka adalag GEN Z yang digital native, Penggunaan Gadget yang dimiliki siswa belum optimal dalam pembelajaran sehingga sayang kalau guru tidak dapat membantu siswa mengoptimalkan gadget yang sangat mereka sukai itu, kebutuhan siswa yang beragam. 
Gambar 2. Presentasi Praktik Baik

Tantangan yang dihadapi adalah diri guru sendiri yang harus meningkatkan profesionalitas sesuai dengan kodrat zaman, dan Bagaimana mampu mengemas pembelajaran yang menarik dan inovatif sesuai dengan kebutuhan siswa. 
AKSI yang saya lakukan adalah dengan merancang MPI, dimana MPI mampu mengakomodir kebutuhan siswa, saya juga menjelaskan kegiatan pelaksaan AKSI yang saya lakukan di kelas serta menampilkan video pembelajaran yang telah saya lakukan. 

Gambar 3. Menampilkan Video Pembelajaran 

Saya menggunakan berbagai macam platfrom online untuk mendukung pembelajaran agar lebih menarik bagi siswa. Saya menggunakan Mentimeter untuk kegitan apersepsi, Puzzle maker untuk absensi siswa, MPI dalam proses pembelajaran, Quizizz sebagai evaluasi dan Padlet untuk refleksi pembelajaran. Refleksi kegiatan praktik baik inovasi pembelajaran digital sangat positif, siswa begitu antusias dan semangat dalam belajar, dan guru juga dapat meningkatkan kemampuan mereka.

Disesi tanya jawab guru juga begitu antusias, selain menanyakan tentang MPI yang saya buat menggunakan Genially, ada juga yang menanyakan aplikasi lain seperti Mentimeter itu kegunaanya untuk apa, lalu bagaimana cara penggunaannya. 

Agenda berikutnya di lanjutkan dengan Kegiatan membuat Kuis Intraktif dengan menggunakan Quizizz. 
  • Di awali dengan pembuatan Akun Quizizz dengan menggunakan Akun belajar.id secara bersama-sama. 
  • Mengenalkan fitur-fitur pada Quizizz
  • Mencoba membuat soal dengan memanfaatkan AI dan Membuat sendiri
                      Gambar 4. Membuat Soal di Quizizz
  • Cara mengshare kuis ke siswa dan classroom
  • Melakukan Uji coba  kuis. 
Dari kegiatan yang dilakukan guru-guru memberikan respon yang positif dan antusias dalam mempelajari hal-hal baru. Di akhir kegiatan dilakukan Foto bersama. 
Gambar 5. Foto Bersama Guru-guru Heabat SMANDA BATSA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

VLOG PEMBATIK LEVEL 4

 Vlog Pembatik  Level 4 Tahun 2024 BERBAGI DAN BERKOLABORASI Istano Basa Pagaruyung Pusat Budaya Sekali kesini pasti balik lagi Hai semua, p...