Sharing Part Education #Part-3
MIMPI BISA
Multimedia Pembelajaran Interaktif Buat Siswa Aktif
Berbagi praktik baik part-3 ini dilakukan di SMP Negeri 2 Tanjung Emas, Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar.
Sebelum melakukan kegiatan praktik baik ini, saya sudah melakukan koordinasi bersama ibu kepala SMP N 2 Tanjung Emas Ibu Maiyelni,S.Pd.
Kegiatan berbagi praktik baik ini telah terlaksana pada hari Sabtu, 26 Oktober pukul 07.30 - 09.00 dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar. Diikuti oleh kepala sekolah dan guru SMP N 2 Tanjung Emas, Link Absensi.
Judul Berbagi Praktik baik saya adalah MIMPI BISA
Gambar 1. Tampilan Judul
Pada pemaparan presentasi saya fokus membahas Multimedia pembelajaran interaktif (MPI), apa itu MPI? Tujuan MPI, Perbedaan MPI dengan Slide presentasi, Kompenen dalam pembuatan MPI, Apa saja platform yang bisa digunakan? , Serta Tips dalam pembuatan MPI. Saya juga memulai dengan menjelaskan Situasi, tantangan, yang ada hingga saya melakukan aksi mengembangkan sebuah MPI dan penerapan dalam pembelajaran yang mampu mengakomodir semua kebutuhan siswa. Saya juga menampilkan MPI yang sudah saya gunakan dan meminta guru-guru juga ikut mencoba MPI yang sudah saya bagikan linknya. Serta Refleksi dari aksi yang saya lakukan yakni siswa lebih antusias, tertarik dan semangat dalam belajar.
Gambar 2. Presentasi Metode STAR
Gambar 3. Presentasi MPI
Selain itu saya juga membahas beberapa platform pendukung yang saya gunakan dalam pembelajaran, kali ini saya menjelaskan tentang Padlet. Padlet memiliki kemampuannya untuk mendukung kolaborasi, presentasi visual, dan aksesibilitas, Padlet meningkatkan pengalaman belajar siswa dan memfasilitasi interaksi antara guru dan siswa dengan cara yang lebih menarik.
Gambar 4. Berbagi Praktik Baik
Saya dan guru SMPN 2 Tanjung Emas mencobakan bagaimana Penggunaan Padlet sebagai media untuk mendapatkan refleksi dalam pembelajaran. Saya juga meminta refleksi guru SMP N 2 Tanjung Emas dengan menggunakan padlet dan saya tampilkan pada layar yang ada.
Gambar 5. Tampilan Padlet Hasil Refleksu di Layar
Gambar 6. Tampilan Padlet (lebih jelas)
Jika dalam pembelajaran padlet digunakan untuk refleksi, maka hasil refleksi oleh siswa bisa di komentari oleh guru, selain itu siswa juga bisa menambah emoticon atau foto dalam menuliskan refleksinya.
Dari refleksi yang diberikan guru SMPN 2 Tanjung Emas, mereka sangat apresiasi, senang dan terinspirasi dan akan melaksanakannya di kelas nantinya.
Di akhir sesi dilakukan Foto Bersama
Gambar 6. Foto Bersama Kepsek dan Guru SMP N 2 Tanjung Emas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar